Pilbup  

Pilbup Lampura, PDIP, Partai Demokrat, dan Hanura Usung Zainal Abidin – M.Yusrizal

Zainal Abidin dan M. Yusrizal
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Partai Demokrat dan PDIP serta Partai Hanura dikabarkan telah memilih pasangan Zainal Abidin dan M. Yusrizal (Bangkit Berzaya) untuk maju dalam kompetisi Pemilihan Bupati Lampung Utara (Pilbup Lampura) pada tanggal 27 Juni mendatang.

Kabar dukungan yang diiringi dengan pengunggahan surat keputusan dukungan dari ketiga partai tersebut telah bertaburan di jejaring sosial Facebook malam ini. Bahkan, foto mantan Bupati Zainal Abidin dan M. Yusrizal saat menerima SK dari DPP Demokrat pun juga tak lupa mereka unggah untuk menguatkan kabar tersebut.

Jika kabar itu benar adanya maka pasangan yang dikenal dengan sebutan Bangkit Berzaya ini ‎menjadi pasangan bakal calon pertama yang mulus melenggang dalam pelaksanaan Pilbup Lampura. Sebab, pasangan ini telah jauh melampaui batas minimal 20 persen (9 kursi) dari total kursi di DPRD Lampura yang menjadi persyaratan untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Partai Demokrat sendiri memiliki enam kursi di DPRD Lampura, sedangkan Partai Hanura memiliki tiga kursi. Sementara, PDIP memiliki tujuh kursi di DPRD Lampura. Dengan demikian, total kursi yang mereka berjumlah 16 kursi.

Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Lampura, Rendy Apriansyah ketika dihubungi malam ini membenarkan bahwa surat keputusan dukungan dan foto yang beredar tersebut itu benar adanya. Surat keputusan itu diterima oleh Zainal Abidin dan M. Yusrizal di kantor DPP Partai Demokrat, Jumat (5/1/2018) sekitar pukul 18.30 WIB.

BACA: PDIP Usung Zainal Abidin – Yusrizal pada Pilbup Lampura 2018

“Surat keputusan dari DPP Partai Demokrat itu benar adanya. Beliau berdua menerimanya langsung di Jakarta malam ini,” kata Rendy kepada teraslampung.com melalui ponselnya.

Dengan terbitnya SK tersebut, menurut Rendy, total partai yang mendukung pasangan Bangkit Berzaya itu kini berjumlah tiga partai, yakni Partai Demokrat, Partai Hanura, dan PDIP. Bahkan, menurutnya, tak menutup kemungkinan partai – partai lainnya akan merapat ke pasangan yang mereka dukung.

“Yang sudah pasti, Partai Demokrat, PDIP, dan Hanura, sedangkan PAN, PBB sedang dalam proses‎ karena hanya menunggu proses administrasi selesai. Bahkan, tak menutup kemungkinan partai – partai lainnya akan merapat ke pasangan Bangkit Berzaya,” paparnya.

Di sisi‎ lain, Sekretaris DPC PDIP Lampura, Wirtajaya juga membenarkan bahwa partainya telah resmi mendukung pasangan Zainal Abidin – M. Yusrizal untuk maju dalam Pilbup mendatang. Surat persetujuan pasangan ini dikeluarkan DPP PDIP pada tanggal 23 Desember 2017 dan ditandatangani langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri.

“DPP PDIP telah memutuskan untuk mengusung pak Zainal Abidin dan M. Yusrizal sebagai calon bupati dan calon wakil bupati dalam Pilbup mendatang,” terangnya.

Sayangnya, Ketua DPC Hanura Lampura, Ali Darmawan ‎belum mau bicara banyak seputar kebenaran surat keputusan DPP Hanura yang mendukung pasangan Zainal Abidin – M. Yusrizal. Ali mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan apakah kabar itu benar atau tidak karena pihaknya hingga kini belum menerima SK itu.

Kendati demikian, Ali membenarkan bahwa nama mantan Bupati Zainal Abidin termasuk satu dari tiga calon bupati (Petahana Agung Ilmu Mangkunegara, dan Aprozi) yang diusulkan‎ ke DPP Hanura di Jakarta. Pihaknya akan segera memberitahukannya jika memang SK persetujuan itu telah mereka terima.

“Kami belum bisa‎ pastikan kebenaran kabar itu karena kami sendiri saja belum menerimanya,” jelas dia.