Beranda News Pilgub Lampung Pilgub Lampung, Ini Alasan KRULPB Adukan Tiga Komisioner Bawaslu ke DKPP

Pilgub Lampung, Ini Alasan KRULPB Adukan Tiga Komisioner Bawaslu ke DKPP

301
BERBAGI
Rakhmat Husein (kanan) menyerahkan bukti untuk pelaporan ke DKPP

TERASLAMPUNG,COM — Koordinator Koalisi Rakyat Lampung Untuk Pemilu Bersih (KRLUPB) menegaskan, pihaknya melaporkan tiga komisioner Bawaslu Lampung ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena alasan yang jelas. Yakni, demi berdemokrasi yang bermartabat,

“Selama ini Bawaslu Lampung abai dalam menindaklanjuti laporan masyarakat Lampung terhadap kasus politik uang yang dilakukan Arinal-Nunik. Pengaduan ini utamanya untuk memberi efek jera kepada Bawaslu Lampung yang tidak mampu mencegah terjadinya politik uang dalam Pilgub Lampung 2018,” kata Husein, Jumat (3/8/2018).

Husein mengatakan, pihaknya juga baru saja menyerahkan
13 barang bukti dan 7 orang saksi yang akan menguatkan pelaporan.

“Terkait apa saja bukti dan saksi akan kami sampaikan ke kawan-kawan media saat persidangan berlangsung,” tambah Rakhmat Husein DC.

Menurutnya, masyarakat Lampung sudah mengetahui, bahwa dalam kasus politik uang yang dilakukanArinal-Nunik tidak diproses Bawaslu Lampung dengan alasan hampir semua terlapor hingga kini menghilang.

“Kenapa saksi dan terlapor bisa hilang, tentu karena ada yang sengaja menghilangkannya. Oleh karena kami belajar dari pengalaman sidang-sidang Gakumdu di Lampung, maka kami tak mau kandas, kami tak mau terlapor dan saksi di hilangkan,

oleh karenanya maka materi pengaduan kami akan kami sampaikan ke kawan-kawan paska persidangan pertama.” jelas Rakhmat Husein DC.

BACA: Pilgub Lampung, Rahmat Husein: Kami Meragukan Independensi Bawaslu

Ia juga menjelaskan, pelaporan tersebut dilakukan untuk memberi efek jera kepada siapa pun yang nanti menjadi komisioner Bawaslu Lampung agar Bawaslu sungguh-sungguh dalam mengawal proses demokrasi di Lampung.

Bagi Bawaslu Lampung, diadukan ke DKPP terkait Pilgub Lampung merupakan kali kedua. Sebelumnya, pada Pilgub Lampung 2014 lalu mereka juga diadukan ke DKPP karena dinilai tidak independen. Pada saat itu Bawaslu Lampung diketuai Nazarudin. Ketika itu Fatiktatul Khoiriyah bersama Ali Sidik juga menjadi komisioner Bawaslu Lampung yang turut dilaporkan ke DKPP.

SIMAK JUGA: Sidang DKPP terhadap Bawaslu Lampung Terkait Pilgub Lampung 2014

Loading...