Polda Lampung: Tangki BBM yang Meledak di Umbul Kunci Milik Anggota TNI

  • Bagikan
Mobil tangki BBM milik anggota TNI meledak dan terbakar di Umbul Kunci, Kelurahan Kateguhan, Bandarlampung, Minggu sore (15/1/2017).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Warga di sekitar lokasi tempat penimbunan BBM yang terbakar karena meledaknya mobil tangki di Kampung Umbul Kunci, Kelurahan Keteguhan, Telukbetung Timur, pada Minggu (15/1/2017)  takut menyebutkan jati diri pemlik tempat tersebut. Penelusuran awal Teraslampung.com menyebutkan bahwa tangki dan tempat penimbunan solar tersebut milik seorang anggota TNI.

Hal itu kemudian dibenarkan Polda Lampung, saat dimintai konfirmasinya, Minggu malan (15/1/2017).

BACA: Truk Tangki Meledak di Tempat Penimbunan BBM, Tujuh Rumah Ludes Terbakar

“Pemilik tangki BBM yang meledak adalah milik oknum anggota TNI berinisial AD, 35 tahun,”ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Sulistyaningsih, minggu (15/1/2016) sore.

Perwira dengan melati tiga dipundaknya ini mengutarakan, meledaknya tangki BBM tersebut berawal dari adanya sebuah mobil tangki jenis colt disel nomor polisi BE 9740 RA yang saat itu sedang diparkir di pinggir jalan di dekat rumah milik AD.

Mobil tersebut, kata Sulis, sedang memindahkan minyak jenis solar dari dalam gudang ke dalam mobil tangki tersebut. Saat proses pemindahan, menggunakan mesin pompa.

BACA: Ledakan Tangki di Tempat Penimbunan BBM, Warga Mengira Suara Bukit Runtuh

“Saat pemindahan solar, tiba-tiba ada percikan api. Akibatnya, mobil tangki dengan kapasitas isi 5.000 liter langsung terbakar dan meledak,”ungkapnya.

Dikatakannya, akibat dari ledakan tersebut, membuat solar yang ada di dalam mobil tangki itu langsung berhamburan. Saat itu juga, api langsung ikut menyambar ke rumah milik warga sekitar.

“Korban jiwa dalam kejadian kebakaran itu tidak ada, hanya rumah warga yang menjadi korban dengan kerugian materil diperkirakan sekitar Rp 800 juta,”terangnya.

BACA: Tangki BBM Meledak, Percikan Solar Timpa Rumah Warga Seperti Hujan dan Jadi Api

Menurutnya, api berhasil dipadamkan sekitar tiga jam lebih oleh petugas Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung, dengan menerjunkan sekitar delapan unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

  • Bagikan