Beranda Hukum Kriminal Rekonstruksi, 17 Reka Adegan dalam Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber

Rekonstruksi, 17 Reka Adegan dalam Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber

367
BERBAGI
Alfin Andrian (24), tersangka penusukan Syekh Ali Jaber, saat menjalankan reka adegan penusukan Syekh Ali Jaber di Masjid Falahuddin, Kelurahan Sukajawa, Tanjungkarang Barat, Kamis (17/9/2020).
Alfin Andrian (24), tersangka penusukan Syekh Ali Jaber, saat menjalankan reka adegan penusukan Syekh Ali Jaber di Masjid Falahuddin, Kelurahan Sukajawa, Tanjungkarang Barat, Kamis (17/9/2020).

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG–Penyidik Polresta Bandarlampung menggelar rekonstruksi kasus penusukan pendakwah kondang Syekh Ali Jaber, Kamis (17/9/2020) siang.

BACA: Tersangka Tunggal, Ini Alasan AA Menusuk Syekh Ali Jaber di Masjid Falahuddin Bandarlampung

Dalam gelar rekonstruksi tersebut, polisi menghadirkan tersangka Alfin Andrian (24). Sementara untuk korban Syekh Ali Jaber, diwakili oleh anggota kepolisian Polresta Bandarlampung. Selain itu juga, penyidik Polresta Bandarlampung menghadir sejumlah saksi saat gelar rekonstruksi penusukan tersebut.

Gelar rekonstruksi tersebut dilakukan di dua lokasi TKP, pertama di kediaman kakek tersangka di Jalan Tamin Gang Kemiri RT 07 Lk 01, Kelurahan Sukajawa, Tanjungkarang Barat dan TKP kedua dilakukan di Masjid Falahuddin di Jalan Tamin, Kelurahan Sukajawa, Tanjungkarang Barat.

Dalam reka adegan rekonstruksi tersebut, ada 17 adegan yang diperagakan tersangka Alfin Andrian berikut rinciannya:

1. Tersangka Alfin baru bangun tidur di lantai 2 rumah kakeknya, Minggu 13 September 2020 sekitar pukul 11.00 WIB.

2. Sekitar pukul 14.00 WIB, Tersangka Alfin berada di teras depan rumahnya dan ngombrol bersama neneknya.

3. Tersangka masih duduk di teras depan rumahnya, saat sedang duduk dan selang beberapa menit kemudian mendengar suara pengumuman dari Masjid Falahuddin yang menyebutkan bahwa “Sebentar lagi ulama Syekh Ali Jaber datang“.

BACA: Ayah Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber Mengaku Anaknya Pernah Dirawat di RSJ

4. Sekitar pukul 15.30 WIB, Tersangka Alfin pergi ke dapur membuat minuman teh manis sendiri lalu dibawa ke teras depan rumah.

5. Saksi bernama Wisnu saat hendak pergi menuju ke Masjid Falahuddin, melihat tersangka Alfin sedang duduk di teras depan rumahnya.

6. Saksi bernama Riyan yang taklain paman tersangka, bertemu tersangka di teras depan rumah sekitar pukul 16.00 WIB.

7. Ditempat lain, korban Syekh Ali Jaber beserta rombongan tiba di Masjid Falahuddin lalu naik ke atas panggung dan duduk di kursi. Pada kesempatan itu, korban memanggil salah satu saksi naik ke atas panggung.

8. Tersangka Alfin masuk ke dalam dapur rumahnya dan mengambil sebilah pisau yang berada diatas rak cabe, lalu pisau tersebut diselipkan di pinggang tersangka.

9. Tersangka Alfin berjalan ke luar rumahnya melewati Gang Kemiri menuju Masjid Falahuddin dengan berjalan kaki cepat, lalu menuju Indomart dan berjalan mendekati halaman masjid.

10. Tiba di Masjid Falahuddin dan berada di depan pintu gerbang Masjid, tersangka langsung bergerak ke atas melalui sisi kanan panggung.

11. Tersangka langsung naik ke atas panggung sembari mencabut pisau yang diselipkan di pinggang sebelah kiri sekitar pukul 17.00 WIB.

BACA: Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber Disebut Gila, Ini Kata Kapolresta Bandarlampung

12. Tersangka menghujamkan pisaunya kearah korban Syekh Ali Jaber yang saat itu sedang berdialog dengan seorang santri Ade Putri yang didampingi ibunya Rosmiyati saat diatas panggung. Pada saat kejadian, saksi Dedi Juni mengambil gambar kejadian penusukan itu menggunakan ponselnya dan langsung live streaming facebook di depan panggung.

13. Saksi Hari, Muhammad Nasir dan Adit, berada diatas panggung tepat dibelakang korban. Saat penusukan, tersangka Alfin diamankan saksi Hari dan Adit yang dibantu oleh jemaah.

14. Korban Syekh Ali Jaber mencabut sendiri pisau yang masih menancap di lengan kanannya.

15. Saksi Hari dan Adit menolong korban dan membawanya ke Puskesmas Gedong Air untuk mendapatkan perawatan medis.

16. Tersangka Alfin dan barang bukti sebilah pisau yang digunakan untuk menusuk korban Syekh Ali Jaber diamankan di kantor masjid dengan disaksikan oleh marbot masjid.

17. Tersangka Alfin dan barang bukti diserahkan ke pihak kepolisian Polsekta Tanjungkarang Barat dengan disaksikan orangtua tersangka.

Ikuti informasi lengkap penusukan Syekh Ali Jaber di: Penusukan Syekh Ali Jaber

Loading...