RSUAM tak Berikan Layanan Ambulans, Ibu Asal Kotabumi Ini Gendong Jasad Putrinya Sambil Menangis

Delpasari terpaksa membawa bayinya dengan naik angkot. Ia tidak bisa membawa bayinya dengan ambulans karena permintaannya mendapatkan layanan ambulans ditolak pihak rumah sakit. (sumber foto: seputar_lampung)
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Foto seorang ibu yang sedang menggendong mayat bayinya di dalam angkot jurusan Tanjungkarang – Rajabasa, Rabu sore (20/9/2017) menjadi viral di media sosial.

Foto yang diduga pertama kali diunggah di Instagram itu adalah gambar seorang ibu bernama Ny. Delpasari ke kampung asal Gedung Nyapah, Kecamatan Abung Timur, Lampung Utara. Ia menggendong mayat bayinya yang berusia satu bulan sepuluh hari  yang baru saja meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Abdul Moeloek (RSUAM) Bandar Lampung, Rabu (20/9/2017) sore pukul 16.00 WIB.

“Saya terpaksa menggendong sendiri jenazah putri kami dan pulang dengan angkutan umum karena pihak rumah sakit tidak bersedia mengantarkan dengan ambulans,” ujar Delpisari,

BACA: Jasad Anak Ini Dibawa Pulang Ibunya Naik Angkot Hanya Sehari Pasca-Gubernur Ridho Rencanakan RSUAM Jadi Rumah Sakit Ramah Anak

Ibi itu mengaku putri kesayangannya yang baru saja meninggal usianya satu tahun. Ia ingin jenazah putri tercintanya bisa dibawa pulang dengan ambulans milik rumah sakit. Namun, menurut dia, pihak rumah sakit tidak bisa mengabulkan permintaannya dengan alasan yang tidak jelas.

Ibu itu menduga harapannya itu tidak dikabulkan karena bayinya dirawat dengan fasilitas BPJS.

BACA: Inilah Klarifikasi RSU Abdoel Moeloek Tentang Mayat Anak yang Dibawa Pulang Ibunya Naik Angkot

Gambar dan narasi yang muncul di media sosial membuat warganet prihatin.

Ibu malang asal Lampung Utara terpaksa membawa bayinya dengan naik angkot. Ia tidak bisa membawa bayinya dengan ambulans karena permintaannya mendapatkan layanan ambulans ditolak pihak rumah sakit. (sumber foto: seputar_lampung)

Dedy Mawardi, warga Bandarlampung, melalui akun Facebook miliknya meminta Gubernur Lampung dan Bupati Lampung Utara segera bertindak.

“Benarkah pasien BPJS tidak berhak mendapat layanan ambulans? Teman-teman di Kotabumi ada yang kenal ibu ini? Yang tahu, komen di bawah ya…” tulis Dedy.

BACA: Gubernur Ridho Ficardo Rancang RSU Abdoel Moeloek Jadi RS Ramah Anak

Rumah Sakit Abdoel Moeloek merupakan rumah sakit daerah mili Pemprov Lampung.

Hingga Rabu malam pukul 19.00 WIB belum ada konfirmasi dari pihak RSUAM terkait dengan tindakan yang sangat tidak manusiawi tersebut.

Dewira