Beranda News Pelayanan Publik SUTT Tarahan-Sutami Tersambar Petir, PLN Padamkan Listrik Sebagian Besar Lampung

SUTT Tarahan-Sutami Tersambar Petir, PLN Padamkan Listrik Sebagian Besar Lampung

352
BERBAGI
Saluran Udara Tegangan Tinggi (Ilustrasi)

TERASLAMPUNG.COM — Sebagian besar wilayah di Provinsi Lampung gelap gulita pada Jumat malam, 26 April 2019. Hal itu karena PLN Lampung melakukan pemadaman aliran listrik sejak pukul 18.27 karena ada masalah jaringan. Pemadaman listrik dilakukan PLN  di wilayah Bandarlampung, Lampung Timur, Lampung Selatan, Lampung Utara, Pringsewu, Tanggamus, Pesawaran, Mesuji, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, Metro, dan Way Kanan.

Pada Jumat tengah malam, pukul 23.50 WIB, PLN Lampung merils pemadaman arus listrik dilakukan karena adanya gangguan di Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV yang menghubungkan Gardu Induk Tarahan dan Gardu Induk Sutami tersambar petir.

BACA: PLN Lakukan Pemadaman Listrik di Hampir Seluruh Wilayah Lampung, Ini Alasannya

“Beberapa unit pembangkit di sistem kelistrikan Lampung yang lokasinya berdekatan dengan lokasi Saluran Udara Tegangan Tinggi pada titik sambaran petir ikut terdampak,” kata

Karena SUTT tersebut tersambar petir, kata Manajer Komunikasi PLN Lampung, Junarwin, peralatan pengamanan sistem otomatis yang terpasang di Gardu Induk Kotabumi dan Gardu Induk Adijaya sebagai titik interkoneksi sistem Kelistrikan Lampung dan sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Selatan dan Tengah (Sumbagselteng) terputus.

“Hal itu diikuti dengan peralatan di seluruh gardu induk di Lampung lainnya yang ikut merespons dengan memadamkan beban listrik sesuai SOP. Itu dilakukan untuk mencegah pemadaman yang lebih luas dan untuk mempercepat proses penyalaan kembali,” kata Junarwin.

Menurut Junarwin, beban kelistrikan  di daerah Lampung Barat, Pesisir Barat, dan sebagian Lampung Tengah masih normal dan tidak terjadi pemadaman.

Junarwin mengaku pada pukul 19.16 WIB PLN berhasil memulihkan sistem kelistrikan Lampung dan hingga pukul 22.00 WIB terdapat pengurangan beban sebesar 150 MW.

“Kepada seluruh pelanggan yang berada di lokasi pemadaman mohon bersabar sampai proses pemulihan ini selesai dan seluruh wilayah di Lampung normal kembali karena sampai dengan saat ini PLN masih berupaya untuk percepatan pemulihan,” katanya

Sebelumnya, pada Jumat malam pukul 21.00 WIB ketika dikonfirmasi soal pemadaman listrik Manajer Komunikasi PLN Lampung, Junarwin, mengatakan pemadaman listik dilakukan karena ada gangguan pada jaringan interkoneksi penghantar 150 kV dari Kotabumi ke Adijaya (Bandarjaya).

“Gangguan itu mengakibatkan trip atau padam karena sistem Lampung terpisah dengan sistem interkoneksi Sumbagsel,” kata Junarwin.

Loading...