Beranda Hukum Kriminal Tiga Perampok Bersenjata Api Ditembak Tim Tekab 308 Polda Lampung

Tiga Perampok Bersenjata Api Ditembak Tim Tekab 308 Polda Lampung

1306
BERBAGI
Kapolda Lampung, Brigjen Pol Edwadr Syah Pernong bersama Dirkrimum Kombes Pol Zarialdi dan Kanit III Jatanras, Kompol Heru dan Panit II Jatanras Iptu Ferdi saat berikan keterangan penangkapan tiga pelaku perampokan, Minggu (13/12)
Kapolda Lampung, Brigjen Pol Edwadr Syah Pernong bersama Dirkrimum Kombes Pol Zarialdi dan Kanit III Jatanras, Kompol Heru dan Panit II Jatanras Iptu Ferdi saat berikan keterangan penangkapan tiga pelaku perampokan, Minggu (13/12)

Zainala Asiki/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Polda Lampung, meringkus tiga pelaku perampokan mobil travel yang terjadi di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Marga Tiga, Lampung Timur. Polisi menangkap ketiga tersangka di dua lokasi berbeda, pada Jumat (11/12/2015). Para tersangka dilumpuhkan timah panas, karena melakukan perlawanan menggunakan senjata api saat akan ditangkap.

Tiga pelaku perampok yang ditangkap adalah Wisnu Herlambang (40) warga Kecamatan Metro Pusat; Yuswadi alias Yus (30) warga Desa Jepara, Lampung Timur dan Mustakim alias Takim (33) warga Desa Labuhan Ratu, Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur.

Kapolda Lampung, Brigjen Pol Edward Syah Pernong mengatakan, tiga tersangka merampok korban Syarifudin (53) warga Jalan Imam Bonjol Gg Tirta Kencana, Kelurahan Langkapura Bandarlampung, pada Minggu (6/12/2015) lalu di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Marga Tiga, Lampung Timur.

“Modus ketiga tersangka, berpura-pura menyewa mobil travel. Komplotan Herlambang, beraksi menggunakan senjata api dan menembak korbannya,”kata Edward, dalam ekspos kasus  Minggu (13/12).

Edward menuturkan, dari penangkapan ketiga tersangka, petugas menyita dua pucuk senjata api rakitan, satu pucuk senjata api laras panjang shotgun, enam butir peluru kaliber 5,56 mm, tiga unit telepon genggam, satu buah alat isap (bong), pirex, sisa sabu bekas pakai dan satu unit sepeda motor Honda Beat warna hitam.

“Untuk barang bukti penggeledahan dirumah para tersangka, satu lembar STNK, satu buku tabungan tiga kartu ATM, satu buah ponsel, tiga plat nomor mobil dan beberapa alat mobil yang sudah di preteli,”tuturnya.

Edward mengutarakan, penangkapan ketiga tersangka, berawal ketika petugas mendapatkan informasi bahwa salah satu tersangka Wisnu Herlambang tinggal dengan mengontrak rumah di Jalan Teuku Cik Ditiro, Kelurahan Sumber Agung, Kemiling.

Dari informasi tersebut, kemudian ditindaklanjuti. Petugas melakukan pengintaian dan melihat Herlambang baru datang dan akan masuk kerumahnya, Jumat (11/12/2015) siang sekitar pukul 13.30 WIB.

BACA: Mobil Hasil Merampok Dijual Rp 27 Juta dan Ditukar 2 Pistol

“Saat itu juga, petugas langsung menyergap Herlambang. Saat ditangkap, tersangka melakukan perlawanan, petugas melumpuhkan tersangka dengan melepaskan tembakan di kakinya,”ujarnya.

Dikatakannya, dari rumah tersangka petugas menyita barang bukti dua pucuk senjata api rakitan, satu pucuk senjata senjata laras panjang shotgun dan enam butir peluru kaliber 5,56 mm.

“Dari keterangan Herlambang, petugas melakukan pengembangan dan memburu dua tersangka lain yang ikut terlibat dalam perampokan tersebut,”ungkapnya.

Petugas kemudian menangkap tersangka Takim dan Kuswadi di Desa Braja Caka, Kecamatan Braja Selebah, Lampung Timur, pada Jumat (11/12/2015) malam. Pada saat ditangkap, kedua tersangka sedang mengisap sabu-sabu lalu keduanya berusaha melarikan diri.

“Petugas melumpuhkan Takim dan Yuswadi dengan timah panas di kakinya. Dari tangan kedua tersangka, disita satu buah alat isap sabu (bong), pirex dan sabu sisa pakai,”terangnya.

Kapolda memaparkan, perampokan itu terjadi ketika salah satu tersangka menelpon mobil travel dan meminta untuk dijemput di Jalan Ryacudu. Mobil yang dikendarai Syarifudin menjemput kedua tersangka, lalu keduanya meminta untuk diantarkan dengan korban ke daerah Batang Hari,
Lampung Timur.

Tiga ersangka perampok yang diringkus Tekab 308 Polda Lampung. Ketiganya adalah Wisnu Herlambang (kanan), Yuswadi alias Yus dan Mustakim alias Takim.

“Dalam perjalanan, salah satu tersangka lain mengendara mobil Daihatsu Terios warna putih tanpa plat nomor membuntuti mobil yang dikemudikan korban,”ujarnya.

Ketika berada di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Marga Tiga, Lampung Timur, lanjut Jenderla Bintang Satu ini, tersangka Yuswadi menodongkan senjata api kepada korban Syarifudin. Ketiga tersangka kemudian melakban mulut korban, lalu mengikat korban di pohon kelapa di areal kebun singkong.

“Tersangka Herlambang, meletuskan tembakan ke arah korban. Untungnya,  nyawa korban dapat diselamatkan. Korban saat ini masih dalam perawatan di Rumah Sakit,”paparnya.

Menurutnya, para tersangka pergi membawa mobil Toyota Avanza warna abu-abu metalik BE 2630 YE milik korban. Mereka menjual mobil hasil rampokan itu, kepenadahnya di daerah Sumatera Selatan.

Loading...