Beranda Ekbis Bisnis Warga Bumi Dipasena Mulai Lakukan Revitalisasi Tambak Mandiri

Warga Bumi Dipasena Mulai Lakukan Revitalisasi Tambak Mandiri

1208
BERBAGI

RAWAJITU TIMUR, Teraslampung.com —Pada Sabtu kemarin (6/2/2016) dua  buah ekskavator milik  Perhimpunan Petambak Plasma Udang Windu (P3UW)) memulai dioperasikan untuk mengerjakan revitalisasi kanal di main inlet,sub-inlet, dan penutupan  kanal sub-inlet di Blok 6 Kampung Dipasena Jaya.

Masyarakat Kampung Bumi Dipasena Agung pun akhirnya bisa tersenyum dan optimistis untuk berbudidaya udang lagi. Harapan itu akan terwujud jika kanal-kanal yang untuk sistem pengairan  ke tambak-tambak mereka selesai diperbaiki

Sebelumnya kanal mereka tertutup lumpur dan ditumbuhi kayu. Kini kanal-kanal itu sudah bersih dan air laut bisa masuk dengan lancar ke kanal-kanal untuk selanjutnya di pompa ke dalam kolam petambak


SIMAK: Petambak Budi Dipasena Gencarkan Revitalisasi Tambak Mandiri

Pak Suwarno, salah satu petambak mengaku hampir 15 tahun sudah kanal-kanal kami belum pernah diperbaiki.

“Di zaman ada perusahan PT Aruna Wijaya Sakti (AWS) kampung kami tidak dilakukan revitalisasi dengan alasan perusahaan saat itu “medannya terlalu parah,biayanya terlalu besar. Tapi sekarang syukur Alhamdulillah,” katanya.

Revitalisasi kanal merupakan bagian dari revitalisasi mandiri yang dilakukan petambak Dipasena. Revitalisasi adalah  program P3UW Lampung untuk mengembalikan kejayaan produksi Dipasena,yang sebelumnya.

Keseriusn para petambak yang tergabung dalam  P3UW dibuktikan dengan kerelaan mereka untuk iuran sehingga mere bisa membeli  berat seperti ekskavator, ponton bes,  dan greader.

“Insya Allah setelah pengadaan alat berat, perbaikan infrastruktur kita akan konsentrasi ke dalam permodalam mandiri,”kata Nafian Faiz, Ketua P3UW Lampung,saat acara tasyakuran selesainya revitalisasi di Kampung Bumi Dipasena Agung, Jumat lalu (5/2/2016).

 

Loading...