Beranda News Kabar Desa Wisata Kuliner “Deswita Linerrejo” Bikin Sidomulyo Tak Lagi Jadi Desa Mati

Wisata Kuliner “Deswita Linerrejo” Bikin Sidomulyo Tak Lagi Jadi Desa Mati

1003
BERBAGI
Gerbang Kecamatan Sidomulyo

Zainal Asikin |Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN — Memanfaatkan lahan lapangan desa, Desa Sidorejo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan kini memiliki tempat wisata kuliner “Deswita Linerrejo” atau Desa Wisata Kuliner Sidorejo. Desa yang dulu sepi di malam hari itu pun kini menjadi ramai. Di tempat ini, aneka produk kuliner dijajakan. Pengunjung pun berdatangan dari berbagai desa.

Inovator Deswita Linerrejo, Sugiarto (36), mengatakan ia menginisiasi adanya tempat wisata kuliner malam karena ingin meningkatkan taraf ekonomi masyarakat khususnya warga Desa Sidorejo. Selain itu, ingin mengubah Desa Sidorejo yang jadi pusat kota pemerintahan di Kecamatan Sidomulyo tidak lagi menjadi sunyi laiknya kota mati.

BACA: “Deswita Linerrejo”, Wisata Kuliner di Lapangan Desa Sidorejo Lamsel

“Bagaimanapun juga, Sidorejo itu pusat pemerintahan Kecamatan Sidomulyo. Artinya, Desa Sidomulyo adalah ibukota kecamatan. Mosok ibukota kecamatan sepi,” ujarnya.

Sugiarto mengatakan, beberapa puluh tahun sebelumnya di tempat ini yang menjadi jantung pusatnya Kota Kecamatan Sidomulyo sepi seperti kota mati. Apalagi minimnya ruang terbuka dan sarana hiburan untuk warga, lalu saya berpikir bagaimana memanfaatkan lahan yang di area lapangan bola di Desa kami ini bisa bermanfaat,”ungkapnya kepada teraslampung.com saat ditemui di tempat wisata kuliner, Sabtu 19 Januari 2019 malam.

Sejak saat itulah, kata Sugi sapaan akrabnya, ia bersama pemerintah desa Sidorejo memanfaatkan lahan kosong di sekitar lapangan sepak bola tersebut, yang selama ini hanya menjadi lahan tidur dan tidak difungsikan menjadi ruang terbuka sebagai sarana hiburan yang edukatif untuk warga.

“Muncul adanya ide wisata kuliner malam ini pada pertengahan 2017 lalu, dan tempat wisata kuliner ini kita namai Deswita Linerrejo yakni Desa Wisata Kuliner Sidorejo. Berjalannya waktu, tempat ini sangat ramai dikunjungi masyarakat. Saat ini, Deswita Linerrejo menjadi ikon desa dan juga sebagai alun-alun di pusatnya kota Kecamatan Sidomulyo,”terangnya.

Dikatakannya, di tempat wisata kuliner malam tersebut, ia selalu memberikan himbauan dan arahan kepada para pedagang harus tetap menjaga kebersihan lingkungan. Begitu juga para pengunjung, membuang sampah di tempat (tong) yang disediakan. Hingga saat ini, kebersihan di tempat wisata kuliner malam selalu terjaga.

Kepala desa (Kades) Sidorejo, Tommy Yulianto

Sementara menurut Budi Santoso (37), salah seorang warga penerima manfaat di Deswita Linerrejo ini menuturkan, adanya tempat wisata kuliner malam Deswita Linerrejo ini, sangat bermanfaat sekali bagi kami dan khususnya warga masyarakat Kecamatan Sidomulyo. Tidak hanya itu saja, warga pun sangat menikmati bagaimana adanya wisata kuliner malam yang ada di daerah mereka.

“Desa Sidorejo dan khususnya Kecamatan Sidomulyo yang mana dulunya dilihat orang sebagai kota mati, begitu adanya tempat wisata kuliner malam yang digagas oleh para pemuda desa kini tidak lagi menjadi kota mati. Alhamdulillah, semuanya menjadi berjalan dengan adanya kemajuan-kemajuan yang ada saat ini,”ucapnya.

Kepala Desa Sidorejo, Tommy Yulianto saat ditemui mengatakan, tempat wisata kuiliner malam yang diberinama Deswita Linerrejo (Desa Wisata Kuliner Sidorejo) dengan memanfaatkan lokasi di area lapangan sepak bola Sidorejo ini, merupakan salah satu tempat wisata kuliner malam tidak hanya di Desa Sidorejo saja melainkan di Kecamatan Sidomulyo.

“Saya sangat mengapresiasi para pemuda desa.Mereka sudah menginisiasi memanfaatkan lahan kosong menjadi tempat wisata kuliner malam Deswita Linerrejo yang edukatif dapat dinikmati masyarakat luas,”ungkapnya.

Budi Santoso, salah seorang warga penerima manfaat di Deswita Linerrejo

Pemanfaatan lain adanya wisata kuliner malam ini, kata Tommy, sangatlah membantu masyarakat khususnya di Desa sidorejo untuk meningkatkan sektor perekonomian dan peluang usaha UMKM untuk masyarakat desa. Ini merupakan inovasi kreatif, sehingga perlu adanya dukungan semua pihak untuk dikembangkan lagi.

“Di Deswita Linerrejo ini, selalu ramai dikunjungi masyarakat di Kecamatan Sidomulyo, Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Way Panji. Para pengunjung itu ramainya saat malam libur sekolah ya seperti malam minggu sekarang ini, terkadang malam-malam biasa pengunjung juga cukup ramai,”ujarnya.

Dikatakannya, tempat wisata kuliner malam Deswita Linerrejo ini, akan kita manfaatkan dan jadikan sebagai salah satu ikon Desa Sidorejo Kecamatan Sidomulyo.

“Kedepan akan kita kelola lebih baik lagi, agar lebih maju dan ramai lagi didatangi pengunjung tidak hanya dari masyarakat dari Kecamatan Sidomulyo dan sekitarnya tapi dari luar daerah,” katanya.

Loading...