Beranda Ekbis Kuliner “Deswita Linerrejo”, Wisata Kuliner di Lapangan Desa Sidorejo Lamsel

“Deswita Linerrejo”, Wisata Kuliner di Lapangan Desa Sidorejo Lamsel

305
BERBAGI

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN — Desa Sidorejo, merupakan salah satu desa yang lokasinya terpusat di jantung kota pemerintahan Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan dengan luas wilayah ±840 Ha, dengan berpenduduk 2.300 Kepala Keluarga (KK) dan jumlah jiwa 12.000 ini, membuat terobosan baru untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa.

Desa Sidorejo yang lokasinya berada tidak jauh dari Kota Kalianda dan terletak di bagian Tenggara Kota Bandarlampung tersebut, terdapat beberapa kantor pemerintahan seperti kantor Kecamatan, Mapolsek, Makoramil, Kantor Pos, Puskesmas Rawat Inap (PRI), Gedung Serba Guna (GSG) Betik dan perkantoran lainnya.

BACA: Wisata Kuliner “Deswita Linerrejo” Bikin Sidomulyo Tak Lagi Jadi Desa Mati

Untuk menunjang segala kebutuhan guna terciptanya desa edukatif, salah satu yang dilakukan oleh para pemuda Desa Sidorejo memanfaatkan lahan tidur di area lapangan bola menjadi bagian potensi edukasi kreatif sebagai tempat wisata kuliner malam yang diberi nama “Deswita Linerrejo” yakni Desa Wisata Kuliner Sidorejo.

Meski di tempat wisata kuliner malam Deswita Linerrejo ini tidak menyajikan menu makanan dan minuman khas tradisional, setidaknya bisa menaikkan taraf ekonomi masyarakat setempat. Tempat tersebut saat ini sangat ramai, banyak pengunjung yang datang baik dari warga sekitar yang tinggal di Kecamatan Sidomulyo maupun dari luar daerah.

Di Deswita Linerrejo ini juga, menawarkan wisata kuliner malam yang nyaman sebagai sajian untuk memfasilitasi para pengunjung yang datang ke tempat itu. Bahkan tempat wisata kuliner malam ini, kini menjadi salah satu ikon di pusat jantung kota Kecamatan Sidomulyo.

Di tempat wisata kuliner malam ini, tersedia aneka menu makanan ringan maupun berat serta aneka minuman dingin dan hangat yang disajikan oleh 35 pedagang yang buka setiap hari mulai pada pukul 17.00 -22.00 WIB.

Selain itu, ada enam wahana bermain untuk anak-anak. Meski bervariasi aneka makanan yang tersedia, pastinya pas di dompet warga yang ingin berkunjung di tempat wisata kuliner malam Deswita Linerrejo tersebut.

BACA: Sidorejo, Desa Nabung Saham Pertama di Lampung

Di kios-kios wisata kuliner malam itu, disediakan tempat untuk pengunjung yang ingin menikmati aneka makanan dan minuman di tempat itu menggunakan kursi dan meja plastik dengan beratapkan tenda dengan corak berwarna-warni. Di tempat Deswita Linerrejo ini, banyak pengunjung datang mengajak anak-anaknya untuk bermain di beberapa wahana yang disediakan.

Suasana malam hari di Deswita Linerrejo yang diterangai sinar lampu dan aneka lampu-lampu hias, kini jadi tempat favorit bagi anak-anak muda dari kalangan pelajar dan mahasiswa untuk berkumpul dengan teman-temannya meski hanya sekedar nongkrong sembari berswafoto (instagramable) dan menikmati aneka minuman dingin.

Bukan hanya anak muda saja, banyak juga dari kalangan orangtua yang datang berkunjung mengajak buah hatinya untuk bermain di beberapa wahana yang disediakan. Selain itu juga, kumpul bareng keluarga dan kerabatnya untuk sekedar duduk mencari angin sembari menikmati segelas kopi dan mencicipi aneka makanan dan minuman dingin lainnya untuk menghilangkan kejenuhan setelah bekerja seharian penuh.

Bahkan para pengunjung dapat menikmati suasana di Deswita Linerrejo, layaknya seperti di Monas Jakarta. Karena di tempat ini juga, ada sebuah tugu atau monumen yang bentuknya menyerupai Monas yang usianya sudah puluhan tahun. Monumen itu dibuat sejak adanya Desa Sidorejo tersebut pada masa transmigrasi lalu. Sehingga membuat para pengunjung yang datang, ingin lebih berlama-lama menikmati suasana malam di Deswita Linerrejo.

Jika melintas di Jalan Raya Sidomulyo, sebuah jalur utama yang menghubungkan beberapa wilayah menuju Kecamatan Way Panji dan Kecamatan Candipuro hingga ke arah Lampung Timur, anda dapat menyempatkan waktu untuk berkunjung ke wisata kuliner malam Deswita Linerrejo untuk mencoba makanan dan minuman yang nikmat dengan harga murah dan terjangkau atau pas dikantong.

Salah satu faktor Deswita Linerrejo ramai didatangi pengunjung, yakni menu makanan dan minuman yang harganya terjangkau, tempatnya juga sangat unik, luas, strategis dan mudah dijangkau disertai ramainya suara kendaraan lalu lintas karena berdekatan denga jalur utama Jalan Raya Sidomulyo.

Dengan adanya tempat wisata kuliner malam di Desa Sidorejo ini, membuat Kecamatan Sidomulyo tidak lagi menjadi kota mati dan sunyi dan kini semakin ramai didatangi pengunjung. Tidak sedikit warga yang tinggal di kecamatan Sidomulyo yang datang untuk mencoba keberuntungan dengan berdagang makanan ringan dan minuman hangat ataupun dingin di wisata kuliner malam tersebut.

Apabila ingin berkunjung ke tempat wisata kuliner malam Deswita Linerrejo tersebut, anda bisa melalui Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) baik dari arah Kalianda dan Bandarlampung. Begitu sampai di Desa Kota Dalam tepatnya didapan di Pos Lantas, anda akan melihat sebuah gapura yakni sebagai penanda memasuki wilayah Kecamatan Sidomulyo.

Kemudian dari Jalinsum di Desa Kota Dalam tersebut, anda akan menempuh jarak sekitar 3 Km atau kurang lebih 10 menit untuk sampai di lokasi wisata kuliner malam Deswita Linerrejo tersebut.

Loading...