Beranda Pendidikan Inilah Alasan Karyawati PT SGC Ini Jadi Relawan TBM Kampung Merdeka di...

Inilah Alasan Karyawati PT SGC Ini Jadi Relawan TBM Kampung Merdeka di Pinggir Kali Belau

721
BERBAGI
Atika Candra Asih (46) salah satu karyawan swasta di perusahaan Sugar Group Companie (SGC) Lampung yang menjadi relawan di perpustakaan Taman Baca Masyarakat (TBM) Kampung Merdeka yang didirkan oleh Deki.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Atika Candra Asih (46) salah satu karyawan swasta di perusahaan Sugar Group Companie (SGC) Lampung yang tinggal di Jalan Nusantara, Kedaton Bandarlampung merupakan salah satu  relawan di perpustakaan Taman Baca Masyarakat (TBM) Kampung Merdeka yang didirkan oleh Deki Afrizal di tepi Kali Belau, Kelurahan Kuripan, Telukbetung Barat, Bandarlampung.

Atika mengaku dirinya tergabung menjadi relawan membaca buku bersama anak-anak dan memberikan pelajaran edukasi lainnya merupakan suatu kebanggaan dan pengalaman berharga bagi dirinya.

“Saya melakukan hal ini karena merasa senang berbagi. Tularkan minat baca terhadap anak-anak ini, sama seperti apa yang sudah dilakukan saat saya mengikuti Kelas Insipirasi yang intinya berbagi. Jadi kalau bisa memberikan manfaat untuk anak-anak bangsa ini, kenapa mesti tidak dan tidak perlu jadi orang kaya atau pejabat dulu baru mau berbagi,”ujarnya kepada teraslampung.com usai memberikan kegiatan edukasi terhadap anaka-anak di perpustakaan TBM Kampung Merdeka, Rabu 30 Mei 2018

Dikatakannya, Kelas Inspirasi (KI) tersebut, sebuah komunitas dibawah naungan kegiatan sosial yang diinisiasi oleh mantan Menteri Pendidikan, Anis Baswedan. Komunitas ini memberikan kesempatan bagi para profesional dari berbagai profesi selain tenaga pengajar, agar dapat turut andil dan turun langsung mengajar ke sekolah-sekolah SD/MI untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

BACA: Deki Afrizal Ubah Anak-Anak Putus Sekolah dan Tukang Mabuk Lem Jadi Gemar Baca Buku

“Kelas Inspirasi tersebut, programnya datang ke sekolah dasar (SD)/MI, lalu menjelaskan kepada adik-adik di sekolah tentang profesinya masing-masing tapi dalam waktu satu hari dengan berganti-ganti kelas. Intinya, bahwa profesi itu beragam, salah satunya ya menumbuhkan minat baca seperti apa yang dilakukan ini agar mereka memiliki wawasan lebih luas,”ungkapnya.

Kesibukan di Taman Baca Masyarakat (TBM) Kampung Merdeka di Jalan Dr Setia Budi, Kelurahan Kuripan, Telukbetung Barat, Bandarlampung.

Menurutnya, menjadi relawan sudah dijalaninya sekitar 2,5 tahun lebih, atau mulai awal berdirinya perpustakaan TBM Kampung Merdeka tersebut. Selama menjadi relawan, memang membutuhkan perhatian lebih saat menghadapi anak-anak tersebut.

“Ya intinya meski sabar itu saja, apalagi saat menghadapi tingkah aktif anak-anak ketidakfokusannya saat mereka menyimak mengenai apa yang disampaikan dan juga harus ekstra perhatian,” katanya.

BACA: Satpam Ini Sisihkan Gaji dan Penghasilanya Jualan Barang Rongsok untuk Bangun Perpustakaan

Atika mengutarakan, sejak awal dirinya bergabung di perpustakaan TBM Kampung Merdeka, untuk anak-anak kecil yang belum masuk sekolah semangat belajarnya ada. Tapi kalau sudah mulai sekolah dan besar, biasanya terkendala masalah biaya sekolah mereka justru pasrah. Keinginan kami walaupun keadaan mereka susah, masih tetap semangat untuk belajar dan berusaha sebisa mungkin untuk menuntut ilmu.

“Harapannya, anak-anak di perpustakaan TBM ini dapat termotivikasi untuk memiliki cita-citanya yang jelas sesuai dengan apa yang diharapkan, bisa sekolah lebih tinggi dan mempunyai semangat belajar,”terangnya.

Dia menambahkan, mengenai sosok Deki yang menjadi motor penggerak penggiat literasi, bukanlah sebagai pribadi mapan atau terkenal. Tetapi niat untuk berbagi berdasarkan apa yang dimilikinya, adalah hal yang paling mendasar dalam kepribadian dan ketulusannya untuk berbagi. Karena tidak semua orang, memiliki jiwa dan kepridian yang tulus seperti apa yang dilakukan oleh Deki tersebut.

“Capaian terbaik dalam setiap pribadi tentunya menginspirasi yang dapat dibagi, agar nantinya jadi pelajaran bagi generasi mendatang. Saya berharap, inspirasi Deki ini merupakan masa depan anak-anak kelak,”pungkasnya.

Loading...