Beranda Headline Kapolri Soal Begal di Lampung: Kalau Tak Bisa Atasi Begal, Kapolres yang...

Kapolri Soal Begal di Lampung: Kalau Tak Bisa Atasi Begal, Kapolres yang Saya “Begal”

12623
BERBAGI
Kapolri Jenderal Tito karnavian bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan (Menko PMK), Puan Maharani saat melakukan kunjungan dan memantau arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Senin 11 Juni 2018.
Kapolri Jenderal Tito karnavian bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan (Menko PMK), Puan Maharani saat melakukan kunjungan dan memantau arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Senin 11 Juni 2018.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN — Maraknya aksi pembegalan di Lampung menadi perhatian Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Orang nomor satu di Polri itu akan “membegal” Kapolres yang tidak bisa mengatasi masalah begal.

Hal itu diungkapkan Tito menanggapi aksi pembegalan yang dialami pemudik di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah Lampung Selatan, Minggu dini hari (10/6/2018).

“Seluruh Kapolres sudah saya intruksikan supaya dapat mengatasi kasus begal. Jadi lebaran tahun ini, tidak ada begal. Kalau nanti ada begal dan memang tidak bisa mengatasinya, nanti Kapolresnya yang saya begal (copot). Jadi itu ya dan paham kan maksud yang saya sampaikan,”kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian, usai memantau  arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Senin 11 Juni 2018.

BACA: Enam Begal Bacok Pemudik di Jalinsum Lampung

Tito Karnavian meminta  Kapolda Lampung dan jajaran Polres di Lampung untuk benar-benar memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik. Kemudian untuk jajaran Polres, jangan segan-segan mengambil tindakan tegas dan terukur dengan menembak ditempat para pelaku begal yang menyasar para pemudik tersebut.

“Untuk menangkap para pelaku pembegalan, Kapolres dan Jajaran harus membuat tim khusus. Pada dasarnya kelompok-kelompok begal ini, sudah dideteksi oleh bagian Reskrim dan Itel,”ujarnya.

Dikatakannya, para pelaku begal ini ditangkap lebih dulu, jika memang tidak bisa ditangkap maka perlu ditempel. Kalu masih belum bisa juga, minta bantuan Kapolda untuk menurunkan anggotanya bersenjata lengkap guna atasi begal ini. Selain itu juga, mintalah bantuan dengan Korem 043/Gatam karena ini demi kepentingan banyak publik.

BACA: Ini Ruas Jalan Lintas Sumatera di Lamsel yang Perlu Diwaspadai Para Pemudik

“Kalau ditangkap dengan cara lembut tidak bisa dan masih melwan, tindak tegas saja para pelaku begal tersebut,”ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito karnavian bersama panglima TNI Hadi Tjahjanto beserta para pejabat lainya melakukan kunjungan dan pentauan arus mundik Idul Fitri 1439 H di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Senin 11 Juni 2018 sekitar pukul 11.00 WIB.

Tampak terlihat, para pejabat yang ikut melakukan kunjungan pemantauan arus mudik tersebut, yakni Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi; Menteri Pekerjaan Umum (PU), Basuki Hadimuljono; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan (Menko PMK), Puan Maharani dan Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek.