Kepala Puskesmas II Kotabumi akan Diperiksa Inspektorat Usai Cuti

Kepala Inspektorat Kabupaten Lampung Utara, Mankodri
Kepala Inspektorat Kabupaten Lampung Utara, Mankodri
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi– Kepala Inspektorat Lampung Utara, Mankodri, menyatakan pihaknya akan segera memeriksa  Kepala Puskesmas II Kotabumi, Yoane Lisa, terkait dengan laporan anak buahnya.

Menurut Mankodri, pemeriksaan akan dilakukan setelah masa cuti Yoane Lisa habis.

“Kami sudah memroses laporan itu tapi ternyata beliau (Yoane Lisa,red) sedang cuti melahirkan. Jadi, kami tak bisa memeriksanya sebelum masa cutinya habis,” kata Mankodri, Jumat (2/3/2018).

Lantaran yang bersangkutan sedang cuti, Mankodri menuturkan, Inspektorat terpaksa menunda sementara pemeriksaan kepada Yoane. Sesuai aturan, pihaknya tak dapat memanggil seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) jika ASN itu sedang cuti.

“(Jika) Kami tetap memanggil beliau saat sedang cuti, itu salah. Cutinya selesai awal Maret,” jelasnya.

BACA: Ini Alasan Para Pegawai Menolak Kepemimpinan Kepala Puskesmas II Kotabumi

Berdasarkan laporan yang masuk, menurut Mankodri, para pegawai mengeluhkan sikap kepemimpinan Yoane Lisa yang mereka nilai arogan dan tidak transparan soal pengelolaan keuangan. Para pegawai sepertinya sudah tidak mau menerima kehadiran Yoane Lisa sehingga mereka langsung menolak saat melihat Yoane datang ke kantor.

“Bu Yoane Lisa rupanya masuk kerja, pegawai Puskesmas sudah tak mau terma beliau lagi,” kata dia.

Sementara mengenai wacana pencopotan Yoane Lisa dari jabatan Kepala Puskesmas, Mankodri mengaku bahwa itu bukan wewenangnya meski para pegawai menuntut demikian. Pihaknya hanya memroses laporan dan melaporkan hasilnya kepada pejabat di atasnya.

“Nanti akan kami laporkan kepada pak Sekda,” jelasnya.

Sebelumnya, ‎lantaran tuntutan mereka tak digubris, Puluhan pegawai Puskesmas II Kotabumi, Lampung Utara mogok kerja, Kamis (28/2/2018) sekitar pukul 08.00 WIB.

BACA: Tuntut Kepala Puskesmas II Kotabumi Dicopot, Puluhan Pegawai Mogok Kerja

Mereka menuntut ‎Kepala Puskesmas, Yoane Lisa segera dicopot karena dianggap arogan dan tidak transparan dalam memimpin Puskesmas II. Akibatnya, pelayanan kesehatan di Puskesmas II sedikit terganggu.

Para pelayan kesehatan ini membentangkan spanduk panjang yang bertuliskan permintaan untuk pencopotan Yoane Lisa dan segera menunjuk penggantinya yang baru. ‎Tuntutan mereka sendiri sudah disampaikan sejak tiga bulan silam.

BACA JUGA: Ini Klarifikasi Kepala Puskesmas II Kotabumi terkait Aksi Mogok Anak Buahnya