Beranda Hukum Presiden Jokowi tidak Berani Tuntaskan Pelanggaran HAM Talangsari

Presiden Jokowi tidak Berani Tuntaskan Pelanggaran HAM Talangsari

130
BERBAGI
Duskusi Publik Peringatan Tragedi Talangsari di LBH Bandarlampung,Minggu (8/2015).
Duskusi Publik Peringatan Tragedi Talangsari di LBH Bandarlampung,Minggu (8/2015).

Teraslampung.com — Wakil kordinator Kontras Chrisbiantoro mengatakan, Presiden Joko Widodo tidak memiliki komitmen untuk tuntaskan pelanggaran HAM Talangsari. Padahal, tragedi Talangsari,Lampung Timur pada Februari 1989 hingga kini masih menyisakan trauma bagi keluarga korban.

“Agar peristiwa seperti Tragedi Talangsari tidak kembali terjadi, kata Chrisbiantoro,pemerintah harus melakukan tindakan nyata berupa penegakan hukum dan merehabilitasi nama baik korban Talangsari. Dalam catatan Kontras,  dalam pembantaian di Talangsari itu terdapat  246 orang  tewas dan  88 orang hilang, harta benda korban musnah dibakar, dan banyak korban cacat permanen,” kata  Chrisbiantoro dalam Diskusi Publik Peringatan 26 Tahun Tragedi Talangsari di LBH Bandarlampung, Minggu (8/2).

BACA: Inilah Penyebab Penuntasan Kasus Talangsari Buntu

Menurut Chrisbiantoro, Presiden RI Joko Widodo pernah berpesan agar mereka dapat mempertanggung jawabkan apa yang telah mereka lakukan pada saat itu.Namun, kata Chrisbiantoro, faktanya mantan Danrem Garudan Hitam Lampung, Hendropriyono, kini banyak mendapat keistimewaan.

“Hendropriyono jangan terlalu diistimewakan. Kini menantu Hendropriyono  (Brigjen Andika) menjadi Komandan Paspampre, anak Hendropriyono menjadi Komisaris PT Telkom Indonesia, bahkan kini Hendropriyono mendapatkan kepercayaan  membuat mobil nasional bekerjasama dengan proton dan mempercayakan kepada perusahaan Hendropriyono. Apakah masih mungkin Jokowi bisa mengadili Hendropriyono, karena dia merupakan salah satu orang yang paling bertanggung jawab atas peristiwa Talangsari,” paparnya,

Chrisbiantoro mengatakan, sampai sekarang Jokowi tidak berani menemui keluargan korban Talangsari.

BACA: LBH Bandarlampung Kecam Deklarasi Damai Kasus Pelanggaran HAM Talangsari

“Jangankan membalas surat korban, mengambilnya saja tidak mau, lanjutnya jangan-jangan Jokowi tidak mempunyai kepercayaan diri karena Jokowi takut sama Prabowo, dan Prabowo takut kepada Hendropriyono,”ungkapnya

 

Loading...