Beranda Hukum Saksi Korban Talangsari: Jumlah Korban Meninggal 300-an Orang, Sebagian Besar karena...

Saksi Korban Talangsari: Jumlah Korban Meninggal 300-an Orang, Sebagian Besar karena Dibakar

469
BERBAGI
Supardi (berdiri, kanan).

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–Salah satu warga Talangsari, Supardi, mengatakan pihaknya membantah pernyataan dari Hendropriyono yang mengatakan warga Talangsari, La,pung Timur melakukan bunuh diri dengan cara menutup membakar rumahnya sendiri serta membakar dirinya hidup-hidup pada peristiwa pembantaian jamaah Warsidi pada 8 Februari 1989 lalu.

“Yang betul, awalnya warga Talangsari disuruh keluar dari rumahnya. Warga yang tidak mau keluar dari rumahnya masing- masing maka akan kami tembaki. Jadi warga itu ditembak di tempat hingga meninggal, ada yang rumahnya dibakar sehingga penghuninya mati,” kata Supardi, dalam diskusi mengenang tragedi Talangsari di LBH Bandarlampung, Minggu (8/2).

Menurut Supardi, Jumlah total korban yang meninggal pada peristiwa Talangsari sekitar  300 orang . Korban meninggal terbanyak adalah karena dibakar hidup-hidup karena rumahnya dibakar.

“Mereka  mati hangus karena tidak mau keluar dari rumah kemudian ditembaki dari luar oleh oknum tentara yang saat itu berada di bawah  komando Hendropriyono. setelah ditembaki rumahnya dibakar,”selama peristiwa Talang Sari berlangsung dirinya beserta keluarga mengungsi selama 22 hari di sebuah lahan di Labuhan Ratu,Lamtim,” ujarnya.

Perwakilan warga yang datang pada acara diskusi publik ini bukan hanya  korban jiwa , tetapi mereka

Dirinya berharap, adanya santunan dari pemerintah setempat, karena sampai hari ini warga Talang Sari tidak pernah menerima santunan dalam bentuk apapun, kemudian kembalikan lagi haknya sebagai bagian dari warga negara Indonesia (WNI),karena ia merasa masih belum diakui pemerintah karena sampai saat ini  masih belum dipungut pajak.

“Dari pihak  Korem bisa memberi  kekebasan tanah dan tidak ada pendiskriminasian lagi terhadap warga talang sari. Kalau sudah bebas dan tenang,mungkin masyarakat Talangsari bisa ramai lagi,”harapnya.

Baca: Inilah Penyebab Penuntasan Kasus Talangsari Menemui Jalan Buntu
Baca Juga: Mereka tak Bisa Melupakan Tragedi Talangsari

Loading...