Beranda Ruwa Jurai Mesuji Jembatan Pematang Panggang Ambrol, Jalur Lampung – Sumsel Terputus

Jembatan Pematang Panggang Ambrol, Jalur Lampung – Sumsel Terputus

312
BERBAGI
Jembatan Pematang Panggang di Kabupaten Messuji amnbrol sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

TERASLAMPUNG.COM — Jembatan Pematang Panggang yang menghubungkan Kabupaten Mesuji di Provinsi Lampung dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, ambrol pada Senin dini hari, 17 Juni. Akibatnya, ruas jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Lampung dengan Sumsel itu tidak bisa dilalui kendaraan karena jalan di atas jembatan terputus.

Di sebelah Jembatan Pematang sebenarnya ada juga jembatan.Namun, saat ini jembatan tersebut sedang dalam proses diperbaiki sehingga hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Pemerintah Kabupaten Mesuji siap membantu personel dan alat berat untuk upaya evakuasi truk yang masih terjebak di jembatan maupun saat perbaikan jembatan nantinya,” kata Plt Bupati Mesuji Saply TH saat meninjau lokasi Jembatan Pematang Panggang yang ambrol, Senin (17/06/2019).

Sebuah truk masih berada di atas Jembatan Pematang Panggang, Senin., 17 Juni 2019. Petugas kepolisian, anggota TNI, dan dinas terkait di Kabupaten Mesuji sedang mengupayakan bisa mengalihkan truk tersebut karena jambatan akan diperbaiki. Perbaikan sementara diprediksi butuh waktu hingga lima hari.
Sebuah truk masih berada di atas Jembatan Pematang Panggang, Senin., 17 Juni 2019. Petugas kepolisian, anggota TNI, dan dinas terkait di Kabupaten Mesuji sedang mengupayakan bisa mengalihkan truk tersebut karena jambatan akan diperbaiki. Perbaikan sementara diprediksi butuh waktu hingga lima hari.

Turut mendampingi pada kesempatan itu Pj Sekretaris Daerah Indra Kusuma Wijaya, Asisten Bidang Administrasi Umum Nawawi Matni, Plt Camat Simpang Pematang Ade Erlina, dan Plt Camat Way Serdang I Komang Sutiaka.

Saply berharap agar perbaikan secepatnya dapat dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementerian PUPR agar jalur ini dapat normal kembali agar pengendara tidak perlu memutar melalui Jalan Lintas Tengah Sumatera yang jaraknya lebih jauh.

“Karena jalur ini merupakan jalur utama yang menghubungkan kota-kota besar di Sumatra jadi harus segera ditangani untuk kelancaran transportasi dan distribusi barang, maka itu jika diperlukan Pemkab Mesuji siap membantu baik personel maupun alat berat, meskipun statusnya adalah jalan nasional,” kata dia.

Jembatan Pematang Panggang merupakan jembatan pada ruas Jalan Lintas Timur Sumatra, berada di perbatasan Provinsi Lampung dan Sumatra Selatan, tepatnya antara Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Plt Bupati Mesuji, Saply (kanan) saat meninjau Jembatan Pematang Panggang.

Jembatan ini diketahui ambrol pada Senin dini hari (17/06/2019) pukul 00.30 WIB setelah melintas dua unit kendaraan truk fuso muatan karmel sawit dan semen putih dengan kapasitas sekitar 45 ton. Akibat kejadian itu, Jalan Lintas Timur Sumatera ditutup sementara dan dialihkan melalui Jalan Lintas Tengah Sumatra.

Ambrolnya Jembatan Pematang Panggal sempat menyebabkan kemacetan parah hingga berjam-jam.

Untuk sementara ruas jalan tersebut ditutup hingga beberapa hari mendatang. Direktorat lalulintas Polda Lampung dan Polres Mesuji mengimbau para pengemudi kendaraan roda empat dari Lampung dan Sumatera Selatan untuk lewat jalan tol.

 

Loading...