Beranda News Jiran Sumatera Inilah Perolehan Suara Prabowo-Hatta Rajasa dan Jokowi-JK di Sumatera Barat

Inilah Perolehan Suara Prabowo-Hatta Rajasa dan Jokowi-JK di Sumatera Barat

174
BERBAGI

Prabowo-Hatta Rajasa Menang Telak di Sumatera Barat



PADANG, Teraslampung.com – KPU Provinsi Sumatera Barat sudah menyelesaikan penghitungan suara Pilpres 2014 melalui rapat pleno, Jumat (18/7). Berdasarkan hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU Sumatera Barat, disaksikan para saksi dua capres-cawapres dan Bawaslu Sumatera Barat, pasangan Prabowo-Hatta Rajasa menang telak dengan 1.797.505 suara (76,9%), sedangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya dengan 539.308 suara (23,1%).

Prabowo-Hatta unggul di 18 kota dan kabupaten di Sumbar, sedangkan Jokowi-JK hanya unggul di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yaitu dengan 31.440 suara dari 40.511 suara sah.

“Total suara sah adalah sebanyak 2.336.813 dan suara tidak sah 17.514, sedangkan partisipasi pemilih sebesar 64 persen atau 2.354.822 orang,” ungkap Ketua KPU Sumbar Amnasmen.

Amnasmen mengaku selama proses rapat pleno terjadi beberapa kali protes dari saksi kedua capres-cawapres. Namun, protes tersebut berhasil diklarifikasi oleh komisioner KPU.

Saksi Jokowi-JK, Yeni S Tanjung, misalnya mempertanyakan mengenai pemilih yang tidak diakomodasi untuk mencoblos.Yeni juga mempertanyakan banyaknya pemilih menggunakan KTP seperti di Kota Padang yang masuk dalam Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb).

Ketua KPU Kota Padang, M Sawati, kemudian memberikan klarifikasi.Menurut Sawati, pihaknya sudah meneliti data tersebut dan memastikan angka tersebut tidak dimanipulasi. (Dewira/B. Satriaji)

Berikut Hasil Perolehan Suara Prabowo-Hatta Rajasa dan Jokowi-JK di Sumatera Barat:

Loading...