Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Bupati Lampung Utara Lakukan Sidak di Sejumlah Instansi

Bupati Lampung Utara Lakukan Sidak di Sejumlah Instansi

BERBAGI
Bupati Agung Ilmu Mangkunegara memberikan pengarahan dan pembinaan kepada para pegawai Sekretariat DPRD Lampung Utara usai memeriksa absensi pegawai.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Sebagai salah satu bentuk peningkatan disiplin pegawai, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara melakukan inspeksi mendadak di sejumlah instansi di lingkungan Pemkab Lampung Utara, Senin siang (29/8/2016).

Salah satu kantor yang menjadi “sasarannya” ialah gedung DPRD Lampung Utara sekitar pukul 13:45 WIB. Tak pelak kehadiran orang nomor satu di gedung DPRD ini membuat puluhan PNS maupun honorer Sekretariat DPRD kalang kabut.‎

Pantauan di lokasi, sekitar pukul 14:00 WIB, puluhan pegawai Sekretariat DPRD tersebut dikumpulkan di depan pintu masuk gedung DPRD. Di lokasi itu, Bupati memberikan pengarahan dan pembinaan kepada para pegawai yang hadir. Saat itu, terlihat masih banyak pegawai yang berdatangan dari luar kantor namun tak berani untuk masuk ke dalam barisan yang sedang mendapat pengarahan.

‎”Tolong sampaikan kepada rekan – rekan kalian yang tidak masuk, Lampung Utara enggak butuh orang malas. Saya bukan arogan (sombong,red), saya hanya ingin menegakkan disiplin,” tegas dia.

Agung menandaskan, sebagai abdi negara, sudah selayaknya, para pegawai/honorer untuk tetap masuk kerja meski tak ada tugas atau kegiatan di kantornya. Karena para pegawai itu digaji oleh pemerintah yang notabene berasal dari uang rakyat sehingga wajib taat terhadap aturan yang ada khususnya dalam hal kedisiplinan.

“Kalian yang honorer, harus rajin – rajin karena kalian tentu punya keinginan agar dapat diangkat sebagai PNS. Kalau enggak rajin, yang PNS saja bisa dipecat, apalagi yang honorer,” tuturnya.

Menurut suami Endah Kartika Prajawati ini, ia sengaja memilih gedung DPRD sebagai sasaran untuk diperiksa tingkat kehadirannya agar tak ada anggapan kalau Sekretariat DPRD tak pernah tersentuh oleh dirinya selaku pimpinan. ‎Inilah yang menjadi alasan utama dirinya menyambangi gedung Sekretariat DPRD.

“Sengaja saya datang ke sini agar jangan sampai ada anggapan ‎kalau Sekretariat DPRD tidak pernah disidak oleh Bupati. Sekretariat DPRD itu di bawah dan bermuara kepada Bupati,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Agung meminta Sekretaris DPRD, Azwar Yazid menertibkan para pegawainya yang tidak masuk dan melaporkan kepadanya untuk diambil tindakan. Sanksi itu sebagai wujud dalam penegakan disiplin supaya kinerja pegawai di lingkungannya tetap tinggi sehingga dapat terus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Silakan pak Azwar dicek satu – satu dan laporkan kepada saya. Nanti, saya ambil tindakan. Saya hanya ingin tegakkan disiplin dan bukan bentuk kemarahan saya kepada kalian,” kata dia.